Selasa, 01 November 2016

PNUP Lakukan Re-Akreditasi Institusi

Politeknik Negeri Ujung Pandang (PNUP) divisitasi oleh tim asesor Badan Akreditasi  Nasional Perguruan Tinggi (BAN-PT) PADA Senin, 31 Oktober 2016.  Kunjungan tim asesor BAN-PT yang terdiri dari Prof. Dr. Ir. Nasikin M. M. Eng (UI), Prof. Dr. Sumartono, M. S. (Unibraw), Dr. Sekar Mayangsari, M. Si. AKT (Univ. Trisakti), dan Prof. Dr. Ir. Bangun Mulyo Sukojo, DEA., DESS. (ITS) ke PNUP dalam rangka asesmen lapangan untuk menilai re-akreditasi institusi perguruan tinggi PNUP.

Direktur PNUP, Dr. Ir. Hamzah Yusuf, M.S. dalam sambutannya saat menerima tim BAN-PT menjelaskan bahwa re-akreditasi institusi ini bertujuan untuk memperbaiki status akreditasi PNUP yang sebelumnya memperoleh nilai B pada 2015 lalu.  Direktur bersama para pimpinan terkait telah melakukan berbagai terobosan baru guna peningkatan akreditasi institusi PNUP seperti dengan membentuk unit akreditasi yang fokus menangani akreditasi institusi serta melakukan re-akreditasi program studi hingga ada yang telah memperoleh akreditasi nilai A. Ditambahkan lagi olehnya bahwa peningkatan akreditasi institusi dari B ke A telah dijadikan sebagai komitmen bersama segenap sivitas akademika PNUP sebagai upaya salah satu bentuk pertanggungjawaban sosial secara akademik kepada masyarakat.
Di kesempatan yang sama, Prof. Dr. Ir. Nasikin M. M. Eng., mewakili tim asesor BAN-PT menyampaikan bahwa dirinya bersama anggota tim lainnya akan bersikap objektif selama melakukan penilaian di PNUP.  Jika semua syarat yang telah ditentukan oleh BAN-PT sanggup dipenuhi dan ditunjukkan dalam bentuk dokumen oleh PNUP, peluang untuk memperoleh nilai akreditasi institusi A sangat besar.  Akreditasi institusi menilai 7 standar dari keberadaan perguruan tinggi yang meliputi standar 1 tentang visi dan misi , standar 2 tentang tata pamong, standar 3 tentang mahasiswa dan lulusan, standar 4 tentang sumber daya manusia (tenaga pendidik dan tenaga kependidikan), standar 5 tentang kurikulum, standar 6 tentang keuangan, sarana prasarana, dan sistem informasi, dan standar 7 tentang penelitian dan pengabdian pada masyarakat. Pada saat asesmen lapangan, ketujuh standar tersebut dilakukan link and match terhadap laporan yang telah PNUP kumpulkan ke BAN-PT sebelumnya.
Selama di PNUP, tim asesor BAN-PT melakukan berbagai kegiatan sebagai bentuk penilaian seperti wawancara kepada segenap pimpinan PNUP yang dimulai dari direktur, wakil direktur, ketua jurusan, hingga ketua program studi di  bawahnya.  Selain itu, tim asesor BAN-PT juga juga melakukan wawancara kepada para pimpinan struktural lainnya yang meliputi kepala bagian, kepala unit, dan tentunya para tim penyusun borang akreditasi institusi hingga kepada para mahasiswa. Tidak hanya pihak internal PNUP yang diwawancarai, tetapi tim asesor juga mewawancarai alumni yang sengaja diundang sebagai wakil dari setiap jurusan dan para stakeholder pengguna lulusan.
Kehadiran para alumni dan stakeholder sangat membantu sebab akreditasi institusi akan berdampak pada eksistensi PNUP untuk jangka panjang yang memberikan jaminan bahwa PNUP sebagai perguruan tinggi vokasi yang terakreditasi telah memenuhi standar mutu sesuai ketetapan yang berlaku sehingga mampu memberikan perlindungan bagi masyarakat luas dari penyelenggaraan program studi yang tidak memenuhi standar. Sebelumnya pada Juli lalu, PNUP telah dikunjungi oleh tim dari Direktorat Jenderal Kelembagaan Pendidikan Tinggi, Kemenristek Dikti guna mendapat pembimbingan menuju akreditasi A dan merupakan satu-satunya Politeknik Negeri di luar Pulau Jawa yang mendapat kesempatan untuk melakukan re-akreditasi institusi.