Sabtu, 06 Agustus 2016

Tim PKM TPE dan TKE Wakili PNUP di PIMNAS 2016

Tim Program Kreatifitas Mahasiswa (PKM) Teknik Pembangkit Energi (TPE) dan Teknik Konversi Energi (TKE) menjadi wakil dari Politeknik Negeri Ujung Pandang (PNUP) dalam ajang Pekan Ilmiah Mahasiswa Nasional (PIMNAS) ke-29 yang akan digelar pada 8-12 Agustus 2016 di Institut Pertanian Bogor (IPB). Tim Program Kreatifitas Mahasiswa (PKM) PNUP tersebut adalah Andi Suci Pratiwi (TPE 2012) sebagai Ketua, Farid Mansur (TPE 2012) sebagai anggota, dan Fajri Alihar (TKE 2013) sebagai anggota, serta Dr. Ir. Firman, M.T. selaku pembimbing. 


PIMNAS merupakan sebuah ajang kompetisi karya kreatif mahasiswa Diploma dan S1 tingkat nasional yang diadakan rutin oleh Dikti tiap tahunnya, dimana dalam ajang ini akan bertanding bermacam mahasiswa, dari bermacam jurusan, dan bermacam penjuru Indonesia. Jadi bisa dibilang ini adalah ajang paling bergengsinya para mahasiswa. Di ajang ini Mahasiswa bisa bersaing dengan mahasiswa se-Indonesia dan keeksisan universitas kamu teruji di ajang ini. Tim PKM PNUP akan mengikuti Kategori PKM Penelitian Eksakta (PKM-PE) dengan judul PKM, “Analisis Kerusakan Sudu Gerak Pada Turbin Francis dengan Menggunakan X-Ray Diffraction (XRD) dan Scanning Electron Microscopy (SEM)”.
Secara terpisah Tim PKM ini menjelaskan, konsep dari penelitian ini bertujuan mengidentifikasi sedimen dan pengaruh diameter partikel dan kosentrasi sedimen terhadap kerusakan sudu turbin, di mana Identifikasi sedimen dilakukan dengan menggunakan XRD (X-Ray Diffraction), kemudian pengujian morfologi mikroerosi dilakukan dengan menggunakan SEM (Scanning Electron Microscopy) dan mikroskop digital system aquisisi data. Untuk Pengujian kerusakan sudu turbin dilakukan dengan variasi diameter partikel (dp) 0,125 mm, 0,25 mm dan 0,5 mm, dengan kosentrasi 1%, 2%, dan 3% untuk setiap diameter partikel. Hasil penelitian kami menunjukkan terjadi erosi pada material yang disebabkan karena pengaruh diameter partikel dan kosentrasi. 

Perangkat Pengujian Material 

“Syukur atas berkat dan rahmat Allah, alhamdulillah atas usaha, keyakinan yang optimis dan kerja keras, Tim kami telah lolos ke tahap Pimnas ke-29 tahun 2016 setelah melewati berbagai tahap yg akan diadakan di IPB (institute pertanian bogor). Hal ini adalah suatu pencapaian besar buat kami, buat PNUP dan khususnya buat Jurusan dan Prodi kami. Kami juga mengucapkan banyak terima kasih kepada Pembimbing kami Bapak Dr.Ir.Firman, M.T. yang dengan sabarnya memberikan bimbingan, serta orang tua kami yang selalu mendoakan dan memberikan support, dosen-dosen serta teman-teman kami yang selalu memberikan support dan bantuan semoga ke depannya PNUP selalu masuk dalam seleksi PIMNAS,” tambahnya.