Jumat, 01 April 2016

Profil D4 Teknik Pembangkit Energi

Tuntutan akan tenaga kerja yang mempunyai kompetensi dibidang pembangkitan daya listrik atau teknik pembangkitan energi merupakan hal yang urgen, perlu diantisipasi dengan mengadakan peningkatan sumber daya manusia melalui pendidikan yang mengarah pada peningkatan tenaga ahli yang dapat mengisi kebutuhan pasar kerja pada bidang tersebut. Selama ini sudah dihasilkan dari pendidikan Diploma III Teknik Konversi Energi dan perguruan tinggi lainnya namun lulusan dengan kualifikasi Ahli madya tersebut perlu diupgrade sehingga mampu lebih menguasai hal-hal yang sifatnya membutuhkan analisis yang lebih dalam, khususnya pada sistim pembangkitan energi. 



Ir. La Ode Musa.,M.T. (KPS D4 Teknik Pembangkit Energi)

Kompetensi dari tenaga kerja yang dibutuhkan dan yang diharuskan untuk menangani pembangkitan daya dimulai dari kemampuan merencanakan suatu insatalasi pembangkitan dan sistim distribusi daya, manajemen operasional, perawatan dan menghitung biaya operasional pembangkitan daya serta dampak lingkungannya merupakan kompetensi yang belum banyak dihasilkan oleh sistim pendidikan kita sehingga sangat aktual untuk membuka pendidikan keteknikan yang mempunyai bidang kekhususan yakni Teknik Pembangkitan Energi pada level yang lebih tinggi yakni level Diploma IV (S1 Terapan). 

Aspek Legalitas

Sesuai dengan Peraturan Pemerintah No. 60 Tahun 1999 pada Bab III pasal 5 ayat (3) dan pasal 6 ayat (3) yang menyatakan bahwa pendidikan Politeknik melaksanakan pendidikan DIII dan DIV. Selain itu statuta Politeknik Negeri Ujung Pandang yang disahkan oleh Menteri Pendidikan Nasional tahun 2004 No.113/O/2004 pada Bab IV pasal 13 ayat (1) dan (4) yang menyatakan sebagai berikut:

Ayat (1) Politeknik Negeri Ujung Pandang menyelenggarakan pendidikan vokasi dalam sejumlah bidang ilmu pengetahuan dan keterampilan khusus, penelitian terapan dan pengabdian pada masyarakat.

Ayat (4) Pendidikan vokasi sebagaimana dimaksud pada ayat 1 terdiri dari program diploma I, diploma II, diploma III, dan diploma IV.

Dari peraturan Menteri Pendidikan No. 60 Tahun 1999 dan Statuta Politeknik Negeri Ujung Pandang tersebut diatas jelas dapat dikatakan bahwa secara legal formal pendidikan program diploma IV termasuk salah satu program yang didukung untuk dijalankan pada sistim pendidikan politeknik umumnya dan khususnya pada Politeknik Negeri Ujung Pandang .

Dari peraturan Pemerintah dan statuta Politeknik Negeri Ujung Pandang tersebut di atas jelas dapat dijabarkan bahwa secara legal formal pendidikan program diploma IV termasuk salah satu program yang dapat dijalankan pada sistem pendidikan Politeknik secara umum dan secara khusus pada Politeknik Negeri Ujung Pandang. 

Politeknik Negeri Ujung Pandang (PNUP) sebagai salah satu lembaga pendidikan vokasi terbaik yang ada di Kawasan Timur Indonesia diarahkan dalam mempersiapkan sumber daya manusia yang dapat bersaing dalam pasar global dengan membangun dan mengembangkan pendidikan berbasis rekayasa dan produksi. Olehnya itu, program pendidikan Diploma IV Teknik Pembangkit Energi, Jurusan Teknik Mesin, diharapkan menjalin pola kemitraan antara dunia industri dan PNUP. 

Program S1 Terapan (Diploma IV) Teknik Pembangkit energi Jurusan Teknik Mesin Politeknik Negeri Ujung Pandang mendapatkan SK ijin penyelenggaraan dari Dikti No. 2081/D/T/2008, Tanggal 7 Juli 2008 dan perpanjangan Izin Program Studi Teknik Pembangkit Energi dengan SK Direktur No. 3416/D/T/K-N/20110.